The Next Number One Digital Information in Indonesia - Gugling.com

Berjalan-jalan di Adsense-ID Forum, dan tak sengaja berhenti di terminal kontest review, sebelumnya saya pikir kontes tersebut main di SEO dan SERP, namun TS akhirnya jawab "ga pengaruh sama sekali. murni review"Hmmm.. yuk kita review  seberapa pengaruhkah situs Gugling.com untuk Indonesia-ku Ini.......

Inspect (sumber Gugling.com)Founding : 31 Mei 2008 met ultah ya
Founder : Lukman Hermawan
Mission :  1. Menjadi situs terbesar nomor dua di Indonesia yang menyajikan berbagai macam informasi yang terpercaya, berguna dan mendidik dalam format digital.
Mission :  2. Membuat situs dengan load yang ringan sehingga mudah diakses dimana saja, meskipun dengan koneksi internet yang lambat
Contents : Informasi Digital/Artikel/Download/Berita

Kesan Pertama
Pada saat pertama kali mendapat informasi mengenai situs Gugling.com di forum, saya langsung cek lokasi , penasaran juga dengan nama domain tsb, niche apa tuh? itu pertanyaan pertama yang spontan terpikirkan, "oh ternyata situs Informasi Digital " Kesan yang ada setelah berada di Main site tersebut adalah page load time nya ringan, ini sangat menarik saya, karena (kebanyakan) tujuan visitor mengunjungi situs digital hanya untuk mendapatkan informasi atau sekedar baca-baca artikel, mengapa ini menarik dan sangat penting sekali? pertama mungkin bisa dijawab dengan memposisikan diri sebagai visitor, kedua, mengikuti seruan yang punya Search Engine, berikut saya kutip dari Webmaster Central
 "Speeding up websites is important not just to site owners, but to all Internet users. Faster sites create happy users and we've seen in our internal studies that when a site responds slowly, visitors spend less time there. But faster sites don't just improve user experience, recent data shows that improving site speed also reduces operating costs. Like us, our users place a lot of value in speed"
situs Gugling cukup baik di Page Load Time, juga singkron dengan misi ke dua dari website tersebut, ini merupakan nilai tambah dibanding dengan website-website yang serupa. /rate

Akhirnya Terjawab Sudah Pertanyaan itu
Akhirnya Mitos Mengenai Musik Mozart Cerdaskan anak itu ternyata Hoax, ini sangat mengejutkan saya, sudah dari SMU saya percaya mengenai mitos tersebut, itu juga ditularin temen yang so klasikan . Sedikit cerita, dulu saya dan teman-teman saya seneng banget nongkrong di Parade-Parade Band, nah kebetulan waktu itu lagi banyak band-band yang mengusung Genre Black Metal. [?]
Band- Band Local yang mengusung musik black metal ini unik-unik, karena musik Black Metal yang di mainkan banyak dikombinasikan dengan sentuhan Melody-nya Mozart, namun tempo-nya sangat cepat. "Itu melodinya mozart bro, keren kan?!, cuma aslinya ga se-progressive itu" bilang teman saya, saat itu saya belum tahu, makanan apa itu Mozart -_-!, "Ntar kalo lo nanti punya anak, seringin aja puter musik mozart bareng anak lo, biar anak lo pinter" teman saya nambahin. Saya percaya saja waktu itu mitos tersebut, karena orang yang menyarankannya juga orang pinter di kelas, dan tentu saja banyak sumber juga mengatakan bahwa "Musik Mozart/Musik klasik dapat mencerdaskan anak".

Kepercayaan saya mengenai mitos tersebut itu akhirnya mati, setelah membaca artikel di gugling.com bahwa Musik Mozart Cerdaskan Anak hoax. di artikel tersebut mengatakan bahwa : Sama sekali tidak ada hubungan antara musik Mozart dengan kemampuan kognitif seorang anak dan tidak ada hasil yang mendukung bahwa musik mozart juga dapat meningkatkan kemampuan otak anak. 

Note:Saya sudah cek validitas artikel mozart tsb Root: Healtday >> Sciencedaily >> Kompas >> Gugling


Simple Is Good......
Tampilan gugling sangat simpel dengan warna background ungu yang kalem. Nuansa tampilan tersebut seakan mengatakan "Enjoy Reading " karena belum banyak script iklan yang mengganggu, dengan Menu Navigasi Horizontal yang sederhana dan beragama kategori siap luncur untuk memenuhi kebutuhan para pencari informasi. Dalam rangka memberantas kebosanan seharian kerja, gugling pun telah mempersiapkan Senjata untuk mengatasi suntuk di pojok humor, pokoke bakal mengguncang perut

Saran dan Ide
Gugling sudah cukup menjawab dalam menyuguhkan Informasi untuk pembacanya, apa yang akan saya utarakan di bagian ini hanyalah ide untuk perbaikan situs gugling di masa mendatang, mudah-mudahan membantu dalam improve situsnya. Perlu digarisbawahi bahwa saya bukanlah seorang yang pintar dalam bidang ini (nge-blog aja masih pake belogsepot), ide ini saya rancang dengan gaya "emphaty", maksud emphaty disini adalah memposisikan diri sebagai pemakai, dan memposisikan saya kalau nanti kalu punya sebuah situs besar seperti gugling, kalau pun ada kata-kata yang kurang enak,mohon dimaafkan (saya hanya seorang penulis yang ga bakat nulis) Mudah-mudahan saran/ide improvisasi saya ini membantu.
"Ambil yang terbaik dan tinggalkan yang buruknya" H.Zaenudin M.Z

1. Submit Di Google News - dominasi .co.id

Untuk Menjadi Situs Digital "No 2" tentu harus bersaing dengan pandai, memang butuh waktu untuk mampu bersaing dengan Senior-senior kita yang "full marketing" dari TV, koran dsb. mungkin menurut saya sebaiknya gugling full marketing di SERP-nya gugel saja, optimasi backlink, dan mulai PDKT sama yang punya SE (search Engine) salah satunya Submit di Google News, karena pagi ini saya check di warta nya gugel, belum ada nama gugling dalam kata kunci "Video Porno Mirip Luna Maya" tapi kalau di SERP (.com) no 8 dan ini hasil G Newsnya, artikel yang lainnya ada 71 Artikel. Links : Tips and Trick untuk daftar di Google News. Member ads-id yang udah pernah approved Gnews, kalau ga salah TS buka lapak juga di forum.


2. Keanggotaan
Membuka sistem keanggotaan (gugling membership) untuk mengikat (emangnya tali!) Unique Visitor yang berkunjung ke site-nya gugling, untuk mempermudah silaturahmi, ini juga berguna apabila nanti ada member yang mau submit artikel/cerita di gugling, atau nanti ada http://forum.gugling.com biar member bisa berdiskusi hal-hal yang menarik mengenai dunia maya dst.

3. Be Different (konekting pipel ala nokia)

Kompetitor gugling cukup banyak, dan hampir semuanya memberikan service yang sama (iklan yang banyak, main site yang berat) Informasi 70-90% hampir sama. Gugling sudah cukup improved dengan page load time, mudah-mudahan untuk kedepannya terus di pertahankan, karena ini sudah cukup berbeda dengan para kompetitornya, dan sudah menjadi ciri khas tersendiri.

Mungkin di sediakannya fasilitas Chating (kemarin-kemarin gugling pake cbox, tapi ko udah ga dipake lagi ya?) di kategori-kategori yang pas seperti di http://humor.gugling.com (biar bisa ketawa bareng), tips and trick (ngobrol-ngobrol secara teknikal mengenai trick yang lagi hot bersama visitor lain yang online) dan 18+ ( curhat langsung atau mau tuker no handphone, bl dan cuma say hi). Mungkin Chatango bisa menjadi jalan keluar sementara untuk memfasilitasi chat room di gugling, product ini juga menyediakan chat group, dan visitor bisa sign-up/un-sign untuk berchat ria. (Banyak sih variannya, cuma ini yang saya tahu ^_^)

4. Ergonomics Color - Survei
"Today purple is a trendy color targeting creative types.
Purple represents royalty, spirituality, nobility, ceremony, mystery, transformation, wisdom, enlightenment, cruelty, arrogance, mourning. Purple is considered an exotic color."
Psychology Color

Saya sangat menyukai warna-wana kalem, termasuk ungu, pernah test warna sesuai kepribadian, dan warna yang sesuai adalah warna ungu. Menurut saya warna background ungu yang di set di situs gugling itu OK punya. tapi, pertanyaanya apakah semua visitor menyukai warna ungu? friendly kah warna tsb untuk visitor gugling?. Sebuah produk akan terus berkembang (pesat) apabila produk tersebut disesuaikan dengan keinginan konsumen (back to customer) hehe ini konsepnya QFD (Quality Function Deployment) isi keseluruhan konsep ini simpel "Membuat sebuah produk yang sesui dengan konsumen" ini penting, agar produk yang kita jual mendekati dengan apa yang harapkan konsumen.Contoh perusahaan yang menggunakan konsep ini >> Google.inc, meskipun sudah tumbuh besar, perusahaan tersebut terus membuat perbaikan dari kunsumennya melalui kuisioner juga survei pada produk-produknya (yang gratisan juga). Aduh kebanyakan pesannya singkat ko, dibuatkannya survei/kuisioner mengenai warna/produk gugling, agar situs gugling friendly sesuai dengan keinginan visitor, sehingga visitor betah nongkrong di situs tsb.
FYI: Penulis pernah menggunakan metode QFD dalam mengembangkan gitar akustik sesuai dengan keinginan konsumen - base on kuisioner  (cukup berhasil 90%)

5. Time Changes Peoples Changes
Terus perbaiki, Improved Improved dan Improved :)

Kritik
1. Jadilah No 1
Mungkin dirubah misinya. Jadi No 1 (it's just a Matter of time) jangan mau jadi no 2.... We'll See

Bagaimana Gugling.com Menurut anda?
Post Title : The Next Number One Digital Information in Indonesia - Gugling.com

The Next Number One Digital Information in Indonesia - Gugling.com,

The Next Number One Digital Information in Indonesia - Gugling.com